7 Mei 2012

Pendidikan Jadi Eskalator Naiknya Kehidupan Sosial

Yogyakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pendidikan adalah sebuah sistem yang bisa mengubah harkat dan martabat manusia. “Pendidikan yang baik juga dijadikan eskalator untuk menaikkan kehidupan sosial masyarakat,” ujar Mendikbud dalam seminar pendidikan bertema “Membangun Pancasila Melalui Pendidikan”, di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Selasa (1/05).

Pentingnya pendidikan, kata Mendikbud, harus ditandai dengan tingkat kecerdasan masyarakat. Masyarakat yang cerdas memiliki ciri khusus. Salah satunya, mampu menyelesaikan masalah tanpa perlu biaya tinggi, dan tidak mempermasalahkan lagi persoalan yang ada. “Kalau orang cerdas, setiap ketemu masalah pasti yang akan dipikirkan adalah solusinya, bukan malah mencari masalah baru,” tuturnya.

Mendikbud mengimbau kepada Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa untuk ikut menumbuhkan optimisme terhadap pendidikan di kalangan masyarakat Yogyakarta pada umumnya. Dia yakin, bahwa dengan optimisme tersebut akan mendorong universitas ini mencetak generasi penerus yang handal.

Seminar yang dihadiri Mendikbud tersebut dibuka Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Hadir pula anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Meutia Hatta.


Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/307

Tidak ada komentar:

Posting Komentar