17 Juni 2012

Pancasila Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Tidak Lagi Menjadi Acuan

Serang,FESBUK BANTEN News (1/6) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Untirta Movement Community (UMC), menggelar aksi refleksi peringatan hari lahirnya pancasila, yang jatuh pada 1 Juni 2012.Dalam aksinya mereka menilai, Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa tidak lagi menjadi acuan, bahkan sebagian masyarakat saat ini cenderung menganggap pancasila hanya sebagian simbol suatu negara.

Pantauan FBn,aksi yang digelar di depan kampus Untirta tersebut, sempat diwarnai penyandaraan kendaraan pembawa bahan bakar minyak (BBM).Bahkan sempat diwarnai kericuhan, serta menimbulkan kemacetan jalur sepanjang Jakarta Serang. Kemacetan sempat terjadi saat massa membakar ban dan menyandra, sebuah kendaraan pengangkut BBM dari arah Jakarta, dan berorasi atas mobil tersebut.

“Lunturnya nilai pancasila bisa kita saksikan dengan adanya kemerosotan moral, mental dan etika dalam bermasyarakat dan berbangsa,” ungkap Presiden UMC Mahendra, dalam aksinya, Jumat (1/5).

Mahendra juga mengatakan, penerapan ekonomi pancasila dinilai semakin relevan ditengah ketidakadilan, dalam sistem ekonomi nasional dan global saat ini. Pasalnya, dengan mengamalkan ekonomi dengan menganut pancasila, akan tercapai masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan berdaulat.

“Dengan nilai pancasila yang saat ini mulai memprihatinkan, hendaknya masyarakat Indonesia, Banten pada umumnya harus melakukan empat hal yang dapat mengembalikan kemurnian nilai pancasila, seperti mengamalkan kemurnian pancasila sebagai ideologi negara dalam kehidupan berbangsa, mendesak elit politik dan pemerintah, untuk menjalankan roda kekuasaan sesuai dengan pancasila,”tuturnya.

Mahasiswa juga lanjut Mahe,mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan tegas, terhadap tindakan mneyimpang dari nilai-nilai pancasila yang sesungguhnya.

“Dan yang terakhir, kami juga mengimbau agar masyarakat meninggalkan kebiasaan lama, yang dilakukan oleh partai politik yaitu korupsi, kolusi dan nepotisme, karena perbuatan tersebut sangat bertentang dengan nilai pancasila,” tukas Mahe.(LLJ)


Sumber : http://www.fesbukbantennews.com/2012/06/umc-pancasila-sebagai-alat-pemersatu-bangsa-tidak-lagi-menjadi-acuan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar