14 Oktober 2014

Definisi Telematika

Kita sering mendengar istilah telematika dari media cetak maupun elektronik, sebenarnya apa sih telematika itu? Telematika merupakan akronim dari Telekomunikasi dan Informatika, Telematika awalnya berasal dari bahasa Perancis yaitu TELEMATIQUE yang dapat diartikan sebagai bertemunya suatu sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.


Istilah telematika sering digunakan dalam beberapa macam bidang, seperti:

  1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika atau yang lebih dikenal dengan istilah ICT (Information and Communications Technology). Secara spesifik, ICT merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi
  2. Secara umum, istilah telematika juga sering dipakai untuk teknologi GPS (Global Positioning System) yang biasa kita pakai untuk penunjuk jalan, sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  3. Secara lebih spesifik lagi, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road vehicles dan vehicle telematics).



Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar