14 Oktober 2014

Media Komunikasi yang Digunakan pada Telematika

Ada beberapa media komunikasi yang dapat digunakan untuk menerjemahkan perkembangan telematika, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jaringan Telepon
Jaringan telepon dapat digunakan sebagai penghubung antara titik penerima satu dengan titik penerima yang lain. Saat ini, penggunaan jaringan telepon dapat dimodifikasi pemakaiannya secara bersaman dalam berbagai aplikasi transaksi. Sebagai contoh aplikasi perbankan melalu ponsel yang bisa digunakan untuk transfer uang atau transaksi lainnya. Selain itu, jaringan telepon ini juga dapat digunakan sebagai teleconference menggunakan jaringan televisi.

  • Jaringan Televisi
Jaringan televisi merupakan jaringan yang dapat memberikan informasi-informasi yang berupa gambar, teks, multimedia, serta suara. Pada awalnya, televisi hanya dapat digunakan pada satu perngkat komunikasi yang berupa simplex duplex, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang sudah pesat, jaringan ini dapat dikembangkan dengan menggunakan jaringan telepon, komputer, dan internet. Beberapa contohnya yaitu aplikasi teleconference, sistem polling dalam suatu acara televisi, dan lain sebagainya.

  • Internet
Internet merupakan jaringan yang dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya yang berada dalam cakupan wilayah yang luas, atau bahkan antar negara. Pada awalnya internet digunakan hanya sebatas untuk mengirimkan surat elektronik atau e-mail, namun seiring dengan perkembangan teknologi komputer baik dari segi perangkat keras dan perangkat lunak, internet saat ini tidak hanya sebatas digunakan untuk saling mengirim e-mail, melainkan dapat dikembangkan menjadi suatu sistem informasi. Baik berupa transaksi online, maupun e-learning.



Referensi:
http://demirantiwijaya.blogspot.com/2014/09/media-komunikasi-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar